Tema B
Peningkatan Mutu, Relevansi dan Efisiensi Penyelenggaraan Program Studi
1.1 Latar Belakang
Universitas Brawijaya (UB) memiliki visi menjadi universitas unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pada tahun 2009 UB telah terakreditasi A dan pada saat ini status UB adalah sebagai Badan Layanan Umum (BLU) sejak 17 Desember 2008. Untuk mempercepat pencapaian visi menjadi universitas unggul berstandar internasional tahun 2020 melalui tahapan pencapaian daya saing tingkat Asia Pasifik tahun 2014, maka UB melalui tema B berupaya memperbaiki kinerja PS dan unit pelaksana teknis yang masih di bawah target kinerja institusi. Hasil evaluasi diri menunjukkan bahwa dayasaing lulusan di ke tiga PS terkait yaitu PS Budidaya Perairan, PS Fisika, dan PS Ketenikan Pertanian masih rendah yang ditandai dengan waktu untuk mendapat pekerjaan yang cukup lama. Selain itu akar permasalahan yang dimiliki oleh 3 PS tersebut hampir sama seperti 1) lama penyelesaian tugas akhir; 2) lama studi, 3) rendahnya resource sharing dalam penggunaan laboratorium, 4) serta kurangnya produktivitas dosen dalam penelitian dan publikasi
1.2 Tujuan
PS dengan kinerja manajemen internal dan efisiensi yang masih rendah dapat meningkatkan internal manajemennya sehingga terakreditasi dengan baik dan dapat lebih mempersiapkan diri untuk bersaing pada level regional ASEAN dan global. Dengan konsep sharing resources masing-masing PS yang terlibat akan bekerja secara sinergis dan saling melengkapi untuk memperbaiki kelemahan kinerja PS lain. Secara keseluruhan, model ini diharapkan akan mampu berkontribusi nyata mengangkat daya saing UB
1.3. Deskripsi Program Pengembangan
Berdasarkan hasil evaluasi diri maka permasalahan yang akan dipecahkan melalui PHK-I ini, dititikberatkan pada aspek internal manajemen (isu I), efficiency & productivity (isu E), relevancy (R), dan aksesibilitas. Untuk itu Program pengembangan pada unit pelaksana (PS. Budidaya Perairan, PS. Fisika dan PS. Keteknikan Pertanian) meliputi:
AKTIVITAS 1 | : | Memperluas UB Outreach program melalui peningkatan kerjasama dengan SMA, PEMDA, dan Instansi pemerintah maupun swasta |
Sub.Aktivitas 1.1 | : | Penyempurnaan sistem dan strategi kegiatan promosi profil PS-PS UB, khususnya yang memiliki permasalahan akses |
Sub.Aktivitas 1.2 | : | Implementasi sistem promosi melalui penjaringan mahasiswa berprestasi dari kelompok masyarakat ekonomi lemah |
Sub.Aktivitas 1.3 | : | Meningkatkan kerjasama sponsorship beasiswa dengan stakeholders |
AKTIVITAS 2 | : | Memperpendek masa studi melalui optimalisasi SPMI, peningkatan kualitas pelayanan laboratorium dan penguatan kerjasama penelitian & resource sharing antar program studi |
Sub.Aktivitas 2.1 | : | Optimalisasi SPMI Untuk Monitoring Proses Belajar Mengajar, Evaluasi Struktur Mata Kuliah dan Skripsi |
Sub.Aktivitas 2.2 | : | Penguatan Layanan Laboratorium untuk Menunjang Tugas Akhir. |
Sub.Aktivitas 2.3 | : | Peningkatan Kerjasama Penelitian Multidisipliner |
AKTIVITAS 3 | : | Pemberdayaan mata kuliah inti keilmuan yang memberikan kontribusi pada penyelesaian tugas akhir |
Sub.Aktivitas 3.1 | : | Peningkatan inovasi pembelajaran mata kuliah pendukung tugas akhir |
Sub.Aktivitas 3.2 | : | Pemberdayaan praktikum untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan analisis mahasiswa |
AKTIVITAS 4 | : | Peningkatan kompetisi lulusan untuk memperpendek masa tunggu dengan memanfaatkan hasil trecer study |
Sub.Aktivitas 4.1 | : | Penyempurnaan standarisai materi dan proses pembelajaran serta implementasi kurikulum dengan memanfaatkan hasil tracer study |
Sub.Aktivitas 4.2 | : | Peningkatan softskill mahasiswa dalam hal kepemimpinana, manajemen dan komunikasi |
Sub.Aktivitas 4.3 | : | Peningkatan kemampuan Team Working, Open Mind, Problem Solving dan Optimalisasi Diri |